TEU Muatan Kapal Kargo

Mengenal TEU Muatan Kapal Kargo, Arti dan Sejarah

Posted on

Komun.id – Apa itu TEU Muatan Kapal Kargo ? Twenty Foot Equifalen Unit, adalah unit penting pengukuran luas yang digunakan dalam industri angkutan laut. Jika anda adalah seorang pemula dalam dunia pengiriman barang dalam jumlah yang besar dengan menggunakan kapal laut dan baru memulai membaca tentang kerumitan yang kompleks dalam industri ini, bacaan ini akan sangat bermanfaat untuk anda. TEU adalah akronim paling dasar dan umum dalam dunia Shiping, simak selengkapnya disini.

Pegertian TEU Muatan kapal Kargo

TEU,  dikenal sebagai Twenty Foot Equifalen Unit, adalah unit penting dari pengukuran dengan luas digunakan dalam industri angkutan laut. Ini digunakan dalam segala sesuatu dan apa pun dari penentuan kargo dan barang dagangan kapasitas pada kapal pengiriman dan memilih jenis kontainer untuk menghitung aktivitas Port.

Tapi bagaimana unit pengukuran Universal ini muncul? Siapa yang menciptakannya, dan bagaimana cara menerapkannya hari ini? Itulah apa yang akan kita jelaskan di posting ini.

Sejarah TEU Muatan kapal Kargo

Memahami sejarah TEU adalah pemahaman sejarah pengiriman kontainer .

TEU berakar pada cara pengiriman kontainer menjadi standar. Semua berasal dari dekade sebelumnya, seorang pria bernama Malcolm Mclean. Mclean adalah seorang pengusaha truk yang menganggap proses bongkar muat kargo di tahun 1900 an sangat merepotkan dan menyita waktu. Tidak ada sistem yang jelas dalam hal tersebut, apakah karung, peti, barel, atau bentuk lain, sedang dipindahkan di berbagai bentuk transportasi, karung dengan karung, peti dengan peti, barel oleh barel. Melalui cara yang sama, mereka dimuat dan dibongkar ke dan dari kapal pengiriman.

Turun di dermaga suatu hari di 1937, McLean menyaksikan proses rumit ini dan berpikir harus ada cara yang lebih baik untuk merampingkan dan membakukan seluruh proses. Jadi dia membawa metodenya sendiri utnuk proses bongkar muat barang yang lebih efisien.

Solusinya ?

mclean pencetus TEU

Mclean membuat kontainer berukuran standart yang akan menahan kargo. Kontainer ini dapat diangkut ke kedua truk dan kapal tanpa harus membongkar dan memuat kargo dalam setiap kali mode transportasi berubah. Tentu saja idenya ini sangat revolusioner dan efisien. Sejak saat itu dirinya menjual perusahaan truk dan mulai merancang serta membangun kontainer

Pada bulan April 1956, pelayaran pertama kargo peti kemas berlayar di ideal X dari New Jersey ke Houston, menjadi tonggak bersejarah era baru angkutan laut.

Standarisasi Pengiriman Kontainer

Kontainer pengiriman Mclean bukan kontainer standart seperti yang kita kenal sekarang. Diameternya panjang 35 kaki, pada waktu yang sama, pesaingnya Matson’s menggunakan kontainer 24 kaki. Perbedaan itu terbukti merepotkan bagi pemerintah AS kemudian, yang ingin kapal lebih efisien dan menyerukan lebih Standardisasi.

Setelah dua putaran Standardisasi oleh ISO di 1968 untuk mendefinisikan kontainer klasifikasi, dimensi, dan identifikasi, 20-kaki dan 40-kaki kontainer lahir, yang kwmudian disebut twenty-foot unit ,  TEU seperti yang kita kenal sekarang.

Fleksibilitas dan kepraktisan TEU

Hari ini, TEU memainkan peran yang sangat penting dalam perdagangan global. Tidak hanya unit pengukuran untuk jenis yang paling populer dari kontainer pengiriman, tetapi juga digunakan untuk mengukur ukuran dan kapasitas pembuluh dan menghitung aktivitas Port.

Simak juga pembahasan kami:

TEU dalam ukuran dan kapasitas 

Unit TEU sangat umum digunakan untuk mengukur ukuran kapal pengiriman. Ukuran kapal bervariasi begitu banyak hari ini bahkan dikategorikan oleh nama yang berbeda sesuai dengan kapasitas TEU mereka.

Misalnya, beberapa kontainer terbesar di dunia saat ini memiliki kapasitas angkut lebih dari 14, 000TEU, sementara kapal pengumpan yang lebih kecil mengelola 1, 000TEU.

Di sini, lihatlah bagaimana ukuran bejana biasanya dikategorikan berdasarkan kapasitas TEU mereka.

  • Small feeder: Up to ~1,000TEU
  • Feeder: ~1,000 to ~2,000TEU
  • Feedermax: ~2,000 to ~3,000TEU
  • Panamax vessels: ~3,000 to ~5,000TEU
  • Post Panamax vessels: ~5,000 to ~10,000TEU
  • New Panamax (or Neopanamax) vessels: ~10,000 to ~14,500TEU
  • Ultra Large Container Vessel (ULCV): ~14,500TEU and above

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *